KEDIRI KOTA – Mediainfopol.com

Komisi Pemilihan Umum Kediri Kora mulai melakukan proses penyortiran dan pelipatan surat suara untuk Pemilu 2024, penyortiran bertempat di gudang logistik KPU Kota Kediri Jalan Teuku Umar Kediri Kota, Jawa Timur, Kamis (4/1/2024).

Ketua KPU Kediri Kota, Pusporini Endah Palupi saat dikonfirmasi via WhatsApp mengatakan, bahwa dalam proses penyortiran dan pelipatan surat suara pada hari pertama ini, pihaknya fokus untuk surat suara jenis Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) yang jumlah totalnya ada 238.973 surat suara.

Dikatakan Puspo dalam proses pelipatan surat suara ini, melibatkan sebanyak 100 pekerja (10 diantaranya dari disabilitas).

“Kami targetkan dalam 3 hari ke depan, proses penyortiran dan pelipatan surat suara DPD ini sudah selesai,” kata Puspo, Kamis (4/1/2024).

Ditanya terkait berapa honor untuk penyortiran dan pelipatan surat suara. Dijelaskan oleh Puspo, bahwa itu bukan honor melainkan ongkos lipat, dikarenakan dikerjakan secara borongan.

“Biaya ongkos lipat surat suara Pilpres sebesar Rp.200, – per lembar, namun untuk surat suara DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi Jatim, DPRD Kabupaten/ Kota Rp.266, – per lembar,” jelas Puspo.

Dalam pelaksanaan pelipatan surat suara apakah ada kendala yang dialami pekerja? Ditegaskan Puspo bahwa sampai saat ini pekerja sudah asyik menyortir dan melipat, maka dirasa sudah nyaman dengan lingkungan kerja.
(Red)

By wahyu