_Mediainfopol.com_
_Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, 29 Desember 2024_
– Tragedi berduka kembali menyelimuti pulau indah Sempu, Kabupaten Malang, dengan ditemukannya Galang Edhy Swasono, mahasiswa Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (Himakova), Fakultas Kehutanan dan Lingkungan (Fahutan) IPB University. Galang sebelumnya dilaporkan hilang saat mengikuti kegiatan ekspedisi Studi Konservasi Lingkungan (Surili) di Cagar Alam Pulau Sempu.

Proses pencarian Galang melibatkan tim gabungan, termasuk Eko Apriyanto, Dantim Basarnas Pos SAR Trenggalek, Lettu Laut (P) Yuli (Danposal Sendang Biru), AKP Slamet Subagyo S.SOS KASAT Polisi Air dan Udara (Polairud), Polisi Hutan, BPBD Provinsi dan Kabupaten Jawa Timur, PMI, PSR, MSR, Gimbal Alas Rescue, IMPALA UNMER, PPMR, Rapi, WLP, Babinsa Tambak Rejo, nelayan, keluarga korban, dan pihak terkait lainnya.

Galang ditemukan di Teluk Semut, sisi barat daya Pulau Sempu, sekitar 1,3 mil dari TPI Sendang Biru, pada pukul 07.30 WIB, 29 Desember 2024, hari kedua pencarian. Informasi vital dari nelayan menjadi kunci dalam menemukan Galang, yang ditemukan mengenakan tas merah, kaos lengan panjang hitam, dan celana pendek hitam, sesuai dengan ciri-ciri yang disampaikan oleh saksi.

“Mendapatkan informasi dari nelayan, tim pencarian langsung bergerak menuju titik lokasi. Dengan cepat, Galang ditemukan terapung di atas permukaan air Teluk Semut,” ungkap Mbah Pireno dari PSR.

Setelah dievakuasi, jasad Galang Edhy Swasono dibawa ke RS dr Saiful Anwar (RSSA) untuk dilakukan pemeriksaan oleh dokter forensik. Peristiwa ini menjadi duka mendalam bagi seluruh komunitas akademis dan masyarakat, menyisakan kesedihan atas kepergian Galang yang penuh potensi. Semoga keluarga dan semua yang mengenal Galang diberikan ketabahan dan kekuatan dalam menghadapi kehilangan ini.
_Arik

By Man