Makassar, Sulawesi Selatan, Mediainfopol.com Kapolda Sulsel yang baru, Irjen. Pol. Andi Rian R Djajadi, melaksanakan tugasnya untuk pertama kalinya di Mapolda Sulsel, Jl. Perintis Kemerdekaan, Makassar pada Jumat 22/12/2023.

Mantan Kapolda Kalimantan Selatan ini datang didampingi oleh istri, ibu Ratna Dewi Rosilawati Ariadi Basrindu, dan disambut dengan upacara pengalungan kain sutra oleh Wakapolda Sul-sel Brigjen. Pol. Chuzaini Patoppoi. Seperti seorang raja, Andi Rian Djajadi yang memakai payung khas kerajaan Sulawesi Selatan, berjalan masuk di tengah acara budaya angngaru yang dipimpin oleh personel Brimob Polda. Sul-sel dan Tari Paduppa yang dilakukan oleh personel Polwan Polrestabes Makassar. Setelah itu, dia disambut oleh personel Sabhara yang membentuk jejer kehormatan. Andi Rian kemudian menyalami satu persatu barisan pejabat utama (PJU) Polda Sulsel yang berjejer. Kehadiran Andi Rian juga dihadiri oleh para Kapolres jajaran Polda Sulsel yang turut menyambut.

Kepala Bidang Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Komang Suartana, mengatakan bahwa setelah penyambutan, acara dilanjutkan dengan paparan laporan kesatuan dan upacara serah terima Pataka Polda Sulsel. Selain itu, juga akan diadakan rangkaian kegiatan lain yang telah disiapkan di Mapolda Sulsel seperti rapat paripurna Bhayangkari, serah terima Ibu Asuh Polwan, kenal pamit, acara pengantar tugas, serta parade penyambutan.

Irjen Pol Andi Rian R Djajadi sebelumnya menjabat Kapolda Kalimantan Selatan sebelum menggantikan Kapolda Sulsel sebelumnya, Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni Harso yang kini menjadi Analis Kebijakan Utama Bidang Brigade Mobil Korbrimob Polri, persiapan penugasan luar struktur. Andi Rian Djajadi lahir di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), pada tanggal 25 Agustus 1968 dan ketua Ikatan Alumni Smansa Makassar angkatan 1987. Ia sudah berkarir sebagai anggota Polri selama bertahun-tahun dan pernah menjabat sebagai Kasat Res Narkoba Poltabes Medan, Kapolres Tebingtinggi, serta Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus Poldasu. Selain itu, ia juga pernah menjadi Dirreskrimum Polda. Sumatra Utara (Sumut), Wadirtipidum. Bareskrim. Polri dan Karokorwas. PPNS. Bareskrim Polri.

Setelah menjabat Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigjen. Andi Rian Djajadi memimpin berbagai kasus seperti kasus pembunuhan berencana hakim Pengadilan negeri (PN) Medan Jamaluddin dan kasus penembakan terhadap 6 laskar Front Pembela Islam (FPI). Kariernya semakin cemerlang setelah ia diangkat menjadi Kapolda Kalsel pada Oktober 2022 setelah sebelumnya ia naik pangkat dari Brigjen menjadi Irjen. Sebagai Irjen, Andi Rian juga turut serta dalam menangani kasus pembunuhan Brigadir J yang melibatkan bekas Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo. Akpol mencatat bahwa lulusan 1991 ini merupakan perwira berdarah Bugis yang kariernya banyak dihabiskan di daerah Sumatera. Sebelum menjabat sebagai Kapolda Sulsel, Andi Rian juga pernah menjabat sebagai Kasat Narkoba Polrestabes Medan, Kapolres Tebing Tinggi pada Polda Sumut, dan Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimun) Polda Sumut.
(Syarif Aldhin)

By Man