Musi Rawas/mediainfopol.com/
21 Desember 2023, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musi Rawas Sumatera Selatan (Sumsel)menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) pemetaan perencanaan distribusi logistik, sarana, dan prasarana untuk Pemilihan Umum tahun 2024. Acara dihadiri oleh ketua PPK dan ketua PPS Se-Kabupaten Musi Rawas, yang berlangsung di Hotel Grandzuri Kota Lubuk Linggau.

Apandi, Komisioner KPU Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, turut hadir dalam rakor tersebut. Ia menyampaikan bahwa tujuan utama rapat koordinasi ini adalah memastikan distribusi logistik KPU sampai dengan baik ke gudang-gudang logistik PPK di kecamatan masing-masing.

“Peran pemerintah daerah dalam Pemilu 2024 sangat penting, dan rakor ini bertujuan untuk memastikan seluruh pendistribusian logistik KPU sampai ke gudang-gudang PPK di tingkat kecamatan serta selanjutnya ke tingkat desa,” ungkap Apandi.

Apandi juga mengajukan permintaan kepada pemerintah dan stakeholder terkait agar memberikan fasilitasi sarana dan prasarana di daerah-daerah yang sulit terjangkau. Ia menekankan pentingnya memastikan seluruh logistik layak guna untuk menyukseskan Pemilu Serentak 2024.

H.Amra Muslimin, Staf Ahli Bupati bidang Pemerintah, Hukum, dan Politik Kabupaten Mura, menegaskan bahwa Pemilu merupakan pilar demokrasi. Dalam paparannya, ia menguraikan enam peran pemerintah, termasuk penyusunan data kependudukan, pelaksanaan kampanye, percetakan dan distribusi logistik, peran linmas, pemantauan, dan netralitas ASN.

Amra juga berharap agar pada Pemilu 2024, desa-desa dengan kondisi jalanan sulit dijangkau segera diperbaiki. Ia menyoroti perlunya perbaikan jalan, penyeberangan sungai khusus untuk logistik pemilu, pembangunan tower untuk komunikasi, serta kantor KPU yang representatif dan lengkap.

Doddy Irdiawan, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Mura, menambahkan bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) akan memantau perkembangan situasi politik di daerah. Ia mendukung kelancaran pelaksanaan pemilu dan menekankan pentingnya pemantauan dinamika sosial politik, kesiapan peserta pemilu, dan dukungan stakeholder terkait di daerah.

Dengan kerjasama antara KPU, pemerintah daerah, dan stakeholder terkait, diharapkan pemilu 2024 dapat berjalan lancar dan demokratis di Kabupaten Musi Rawas.(M.harus ak)

By Man