Nagan Raya – mediainfopol.com | Kecewa ditunjuk pelaksana tugas (Plt) Keuchik diduga arogan dan tidak sesuai harapan masyarakat, ribuan warga Desa Ujong Patihah, Kecamatan Kuala, Nagan Raya lancarkan aksi demo kepada Camat kecamatan setempat, Jufrizal

Ribuan masyarakat Desa Ujong Patihah Kecamatan Kuala, Nagan Raya lancarkan aksi demo alias unjuk rasa kepada Camat setempat, Jufrizal disinyalir terkait penetapan pelaksana tugas (Plt) Keuchik atau Kepala Desa (Kades) tidak sesuai harapan masyarakat.

Informasi berhasil dihimpun media ini, Camat disinyalir menunjuk Plt Keuchik Gampong Ujong Patihah, Samsul Rizal dari aparatur sipil negara (ASN), menurut masyarakat setempat terkesan Arogan dan kurang efektif bertugas, banyak persoalan desa termasuk pelayanan publik warga ditangani oleh sekretaris desa (Sekdes) Sayed Faisal Irwandi, benarkah?

Selasa, tanggal 19 Desember 2023, ribuan masyarakat Desa Ujong Patihah kembali gerakkan aksi demo kepada Camat Kuala guna menyampaikan protesnya terhadap kebijakan Camat tidak sesuai harapan mereka.

Guna antisipasi agar tidak terulang kembali ditunjuk lagi pemimpin yang sama oleh Camat, ribuan masyarakat Desa Ujong Patihah lancarkan aksi demo ke kantor Camat Kuala untuk sampaikan aspirasinya, diketahui masa tugas Plt Keuchik saat ini akan berakhir.

Menurut sumber warga Desa Ujong Patihah, aksi demo ribuan masyarakat setempat berhasil dicegah oleh pihak unit Intel Polres Nagan Raya dengan langkah menyampaikan himbauan dan saran-saran terbaik secara diplomasi.

“Rabu lalu sebenarnya juga sudah terjadi unjuk rasa dari masyarakat desa kami ke Camat Kuala, namun dapat juga selesaikan dan diminta bubar masyarakat oleh Sekdes setempat, Sayed Faisal Irwandi, dengan tujuan menghindari hal-hal tidak diinginkan terjadi,” ujar sumber warga tidak mau sebut namanya kepada awak media.

Berkembang informasi, masyarakat serta tokoh gampong meminta Plt Keuchik selanjutnya agar di tunjukkan kepada Sekdes Ujong Patihah selama ini menjabat, menurut mereka beliau (Sekdes) bisa dan mampu dalam menjalankan tugas tersebut.

“Menurut mereka sewaktu masih Keuchik difinitif pun lebih banyak peran Sekdes dalam menyelesaikan dan memfasilitasi permasalahan yang ada dalam gampong dan hubungan emosional yang baik dengan masyarakat,” katanya.

Demikian juga saat Plt Keuchik sekarang menjabat, terkesan seolah tak mau peduli dengan permasalahan gampong dan masyarakat, serta terkesan pilih kasih, dan diketahui menurut sumber lainnya, Plt Keuchik juga terkesan arogan dalam pemerintahan.

Demo kali ini berhasil di bubarkan secara baik-baik atau persuasif oleh pihak unit intelkam Polres Nagan Raya dengan memberi solusi untuk mengirim perwakilan Tokoh masyarakat, akan mereka dampingi bertemu langsung dengan Camat Kuala, Koramil Kuala, Kapolsek Kuala serta didampingi Kasat Intel Nagan Raya untuk berdiskusi.

Kata sumber warga lainnya, Camat Kuala berjanji kepada tokoh masyarakat akan mengusulkan Sekdes, Said Faisal dalam calon Plt Keuchik Gampong Ujong Patihah kedepan.

Menurut beberapa pendemo, mereka akan terus mengawal proses ini sampai keinginan mereka terjawab demi kebaikan Gampong Ujong Patihah kedepan.

Saat dihubungi via telepon selulernya, Sekdes Ujong Patihah, Said Faisal membenarkan adanya aksi demo masyarakat kepada Camat Kuala, Rabu lalu sekali dan hari ini juga terjadi kembali.

“Saya tidak mengetahui secara pasti aksi ribuan masyarakat itu, namun pernah satu kali saya upayakan agar bubar karena kita tidak ingin terjadi hal-hal melanggar ketentuan yang berlaku,” sebut Said Faisal.

Muhajirin, salah seorang Tokoh Masyarakat Desa Ujong Patihah kepada awak media mengatakan, “Kami masyarakat Ujong Patihah merasa Plt Keuchik Samsul Rizal tidak menjadi pemimpin kami ditunjukkan oleh Camat Kuala, tidak peduli dengan masyarakat serta kegiatan-kegiatan kemasyarakatan,” jelasnya.

Muhajirin sangat menyesalkan sikap dan perilaku ditunjukkan Plt Keuchik terkesan dirinya hanya peduli dengan satu kelompok dalam desa, seharusnya menjadi pemimpin bagi seluruh masyarakat Desa Ujong Patihah, bukan membangun blok-blok dalam masyarakat.

“Sangat wajar kalau masyarakat menginginkan pemimpin yang layak dan bermasyarakat, peduli dengan semua persoalan dan kepentingan masyarakat, banyak lagi mau kita uraikan sebenarnya, termasuk arogansi beliau dalam berbahasa kepada masyarakat,” ungkap Muhajirin.

Camat Kuala, Jufrizal sudah dikonfirmasi oleh awak media ini, dan sesuai petunjuk via WhatsApp pribadinya sudah membaca, namun belum berikan respon apapun juga terkait informasi seputaran demo masyarakat Ujong Patihah tersebut.

Namun pihak media ini masih berikan hak jawab dan klarifikasi kepada Camat Kuala guna berikan keterangannya.*

Jailani Amin

By Man