Surabaya.Mediainfopol.com – Senin, 18 Desember 2023, Sekolah Perwira Prajurit Karier Tentara Nasional Indonesia (disingkat SEPA PK TNI) atau yang dulu bernama Sepamilsuk dan Sepawamil adalah sekolah pembentukan perwira di Indonesia yang berasal dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta. jenjang akademik yang bisa masuk sekolah pendidikan Perwira ini adalah D4, S1, dan S1 Profesi dari semua jurusan (tergantung kebutuhan TNI). Sekolah ini di bawah Pusat Pendidikan Pertama (Pusdikma) yang bertujuan untuk membentuk para Sarjana untuk menjadi Perwira Pertama (PAMA) dengan pangkat saat dilantik Letnan dua (Letda). Mereka terdiri atas 3 angkatan di TNI, yaitu TNI AD, TNI AL dan TNI AU.

Pendidikan Perwira Prajurit Karier,terdiri dari beberapa tahap penyeleksian, yaitu pendaftaran online untuk tahap pertama setelah dinyatakan lolos pendaftar melanjutkan seleksi pada seleksi tingkat daerah. Selain itu, pada tahap penyeleksian peserta juga harus mengikuti beberapa tes seperti seleksi administrasi, kesehatan, mental ideologi, psikologi, akademik, dan kesamaptaan jasmani. Seleksi kemudian dilanjutkan dengan proses karantina.

Untuk mencapai jenjang karier tersebut Universitas Hang Tuah, berdasarkan perintah bapak Rektor Universitas Hang Tuah untuk membantu para alumni mempersiapkan diri meghadapi test Perwira Prajurit Karier, maka Wakil Rektor III

Bersama BKKA dan Kom.Info melaksanakan webinar tahapan tahapan menghadapi test untuk masuk Perwira Prajurit Karier membantu alumni mempersiapkan diri untuk mengikuti bimbingan psikologi yang diadakan di Fakultas Psikologi dan pembinaaan kesampataan di Fakultas Vokasi Pelayaran (FVP), dibawah koordinator dari Wakil Rektor III dan Rektor Universitas hang Tuah.

Pada saat ini alumni dari Universitas Han Tuah berhasil masuk Perwira Prajurit Karier,sebanyak 11 Alumni terdiri dari FK 4 orang dan FKG 7 orang , saat ini mengikuti Pendidikan di Diksargol di Kodiklahtal setelah selesai Pendidikan siap bergabung dengan TNI-AL.
Adapaun nama yang masuk Fakultas Kedokteran Umum

1. Letda Laut (K) dr. Ardilon Raxel Faruwu NRP 27202/P
2. Letda laut (K) dr. Muhammad Alvin Rahardiansyah NRP 27203/P
3. Letda Laut (K) dr. Edwin Timotius Martua, M.H. NRP 27204/P
4. Letda laut (K/W) dr. Aldisa Rahma Devi NRP 27219/P

Dari Fakultas Kedokteranr Gigi
1. Letda laut (K) drg. Yosua Aldi Wardana NRP 27193/P
2. Letda Laut (K) drg. Achmad Ainul Yaqin NRP 27197/P
3. Letda Laut (K) drg. Naufal Delvin Andriatama NRP 27200/P
4. Letda Kes drg. Mohamad Edwin Mousya NRP 3223108930558540
5. Letda Laut (K/W) drg. Kumala Citra Nur Eka Pratiwi NRP 27218/P
6. Letda laut (K/W) drg. Kadek Vita Prasetyawati NRP 27220/P
7. Letda laut (K/W) drg. Stephani Brigitta Elfira Susiloputri NRP 27222/P.

(Wie)