Bojonegoro-MediaInfopol.com.
Desa Sumengko termasuk salah satu desa di wilayah kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro. Program pengembangan produk berbasis potensi lokal cukup berkembang dengan baik di desa ini. Dikenal dengan nama Cenayu Drink, carian produk ini cukup banyak, mulai kunyit asem, beras kencur, jahe serai hingga minuman cao aneka rasa. Adapun perijinan produk ini juga cukup mumpuni, mulai dari SPKP hingga sertifikat halal.

Merasa masih perlu menjelajahi potensi dari aneka tanaman lokal, PKK Desa Sumengko mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang minuman berbahan kayu dan daun. Bertempat di aula lantai 2 Balai Desa Sumengko, 50 kader PKK hadir untuk mengikuti kegiatan tersebut.
Minggu(26/11/2023).

Narasumber didatangkan dari Creative Economy Center (CEC), yakni Adib Nurdiyanto, M.Pd.

Nanik Enggarwati selaku Ketua PKK Desa Sumengko menyampaikan:

“Bahwa untuk pengembangan produk berbahan kayu dan daun, kami perlu belajar dari pemateri yang sudah berpengalaman dan meraih prestasi baik lokal maupun nasional.” Ungkapnya.

Adib Nurdiyanto selaku pemateri mengajarkan pelatihan pembuatan minuman berbahan secang yang dibuat dua varian yakni warna merah dan warna kuning berkilau. Uniknya, minuman secang yang berwarna kuning tersebut tidak berbau khas secang dan rasanya pun segar tidak kalah dari air jeruk sehingga lebih digemari oleh mayoritas peserta. Selanjutnya Adib juga melatih peserta untuk membuat minuman dari daun jambu air.

Minuman-minuman yang dipraktekkan dalam kegiatan hari ini merupakan varian baru yang diharapkan lebih digemari oleh segmen anak-anak karena rasanya yang tidak pahit, dan warna nya yang menarik.
(Ghozali)

By Man