ACEH TAMIANG – mediainfopol.com | Langkah strategis dilakukan Meurah Budiman dalam amanat tugasnya di Kabupaten Aceh Tamiang sangat nyata dan dirasakan langsung oleh aparatur sipil negara (ASN) dan Non ASN.

Selain itu juga di rasakan masyarakat di Bumi Muda Sedia ini, semua itu sangat signifikan perubahan dibanding Bupati Definitif sebelumnya.

Dr. Drs. Meurah Budiman, SH, MH, dipercayakan sebagai penjabat (Pj) Bupati Aceh Tamiang oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Pj Gubernur Aceh Desember 2022-Desember 2023 terlihat nyata manfaatnya.

Pengamat dan Pemerhati Publik, Sitti Afry Mahyeni, ST mengatakan, sebagai seorang pejabat dilingkungan pemerintah pusat, Mendagri melalui Pj Gubernur Aceh tepat menugaskan Meurah Budiman sebagai penjabat pelaksana pemerintahan di Kabupaten Aceh Tamiang untuk periode Desember 2022-Desember 2023.

“Analisa kami dan tanggapan kami peroleh dari masyarakat mengatakan bahwa Dr. Drs Meurah Budiman, SH, MH melaksanakan tugas sesuai harapan masyarakat kabupaten berjuluk Bumi Muda Sedia dan peningkatan perubahan tata kelola pemerintahan terlihat benar-benar terwujud sesuai harapan,” ujar Sitti Afry Mahyeni, ST.

Sitti Afry Mahyeni, akrab dikenal Yeyen Clara itu menilai, dalam tubuh pemerintahan di Kabupaten Aceh Tamiang mengalami stabilitas dibanding sebelumnya terkotak-kotak atau berblok-blok akibat ketidakmampuan pemimpin terdahulu dalam tata kelola.

“Pj Bupati dulunya dari instansi Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) tersebut juga telah menyelamatkan ribuan para karyawan non ASN terkesan mendapat indikasi penzaliman oleh oknum penguasa terdahulu dengan komitmennya memperpanjang kontrak kerja mereka,” ungkap Yeyen Clara.

Menurutnya, Meurah Budiman sosok pemimpin bijak dan layak untuk melanjutkan kepemimpinannya satu tahun ke depan untuk Aceh Tamiang lebih baik lagi, semua itu penilaian dan harapan masyarakat demi kemajuan Aceh Tamiang.

Dilain tempat, Direktur Forum Peduli Rakyat Miskin (FPRM), Nasruddin menyampaikan, apresiasi atas pola dan ilmu pemimpin dilaksanakan oleh Dr. Drs Meurah Budiman selaku Pj Bupati Aceh Tamiang hampir satu tahun ini terlihat nyata hasilnya.

“Meurah Budiman selama hampir satu tahun masa tugasnya telah menyelesaikan banyak kepentingan dan kebutuhan masyarakat secara publik dari berbagai sektor baik infrastruktur, terkait permasalahan kebencanaan, perekonomian masyarakat, sektor pertanian melalui peningkatan ketahanan pangan, serta upaya penekanan inflasi ekonomi,” jelas Nasruddin, Minggu (12/11/23).

Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Pemerintah Desa (DPD APDeSI) Aceh melalui Sekretaris, Yusran, S.Sos.i, MH mengatakan, pihaknya menilai tata kelola dan tata laksana pemerintahan Meurah Budiman sebagai Pj Bupati Aceh Tamiang sangat baik dan mampu membangun stabilitas pemerintahan di daerah Bumi Muda Sedia ini.

“Butuh waktu satu tahun lagi untuk meregenerasi birokrasi di tingkatan pemerintahan jajaran pimpinannya saat ini, seperti para satuan kerja perangkat daerah (SKPK) maupun di internal Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) setempat,” terang Yusran, S.Sos.i, MH.

Harapan semua pihak berfikir dinamis dan realistis demi kemajuan dan stabilitas pemerintah Aceh Tamiang, tambah Yusran, Dr. Drs Meurah Budiman, SH, MH agar melanjutkan kepemimpinannya di Aceh Tamiang hingga terpilihnya Bupati dan Wakil Bupati definitif nantinya.*

Laporan : Adi Putra

By Man