BENER MERIAH – mediainfopol.com | H. Akhyar Kamil, SH, Ketua Umum Persaudaraan Aceh Seranto (Ketum PAS) fasilitasi proses pengurusan pemulangan almarhum (Alm) Mansuryadi (42) warga Desa Pantan Kemuning Kecamatan Timang Gajah, Bener Meriah dari Malaysia.

Pahlawan Akhyar Kamil, SH di Malaysia mengurus proses pemulangan warga Bener Meriah itu untuk tiba di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang Sumatera Utara (Sumut) adalah seorang putra Aceh asal Bireuen, Teuku Haikal.

Kepada awak media ini, H. Akhyar Kamil, SH mengatakan,Ormas Persaudaraan Aceh Seranto jemput jenazah Mansuryadi di Bandara Kualanamu, Sumut oleh relawan Ormas PAS dan mengantar pulang ke rumah duka di Kecamatan Timang Gajah, Bener Meriah, Aceh secara Gratis.

“Kami minta bantuan T. Haikal selaku pahlawan kita di Malaysia memfasilitasi pengurusan guna dapat dipulangkan ke kampung halaman, pihak keluarga meminta bantuan kepada kami Persaudaraan Aceh Seranto,” kata H. Akhyar Kamil, SH, melalui rilisnya, Jum’at (10/11).

Sambungnya, “Alhamdulillah kami tetap memenuhi permohonan keluarga Almarhum untuk kita antarkan jenazahnya ke kampung halamannya,” ucap Ketum Ormas PAS.

Menurut laporan dari lapangan, jelas H. Akhyar Kamil, SH, jenazah sudah tiba di rumah duka pada pagi Jum’at (10/11/2023) dan sudah diserahkan kepada keluarganya untuk dilakukan penyempurnaan fardhu kifayah.

“Dihimbau kepada warga Aceh berdomisili di luar kampung halaman, jika meninggal dunia keluarganya membutuhkan pertolongan guna pemulangan jenazah ke kampung halamannya agar menghubungi relawan Ormas Persaudaraan Aceh Seranto (PAS) terdekat di wilayah domisilinya,” terang Akhyar Kamil.

Persaudaraan Aceh Seranto sesuai standar operasional prosedur (SOP) organisasi sosial kemanusiaan, salah satu program perioritas adalah memulangkan jenazah masyarakat Aceh di perantauan yang ingin di makamkan di kampung halaman.

Informasi berhasil dihimpun awak media ini, pemulangan jenazah Mansuryadi ke Desa Pantan Kemuning Kecamatan Timang Gajah, Bener Meriah turut diiringi oleh para relawan Persaudaraan Aceh Seranto dari beberapa daerah mulai dari Kota Langsa, Aceh Timur, Aceh Utara, hingga relawan dari Kabupaten Bireuen, Aceh Tengah dan tuan rumah DPD Ormas PAS Bener Meriah.*

Reporter : Hamzah pansuri

By Man