LUWU – mediainfopol.com | Kepala Desa (Kades) Padang Kalua, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel) diduga tolak klarifikasi realisasi anggaran dana desa (ADD) oleh pihak media, Ibu Kades alihkan konfirmasi ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Luwu di Belopa.

Awak mediainfopol.com, melakukan konfirmasi kepala desa di kabupaten Luwu, salah satu oknum Kepala Desa (Kades) Padang Kalua, Kecamatan Bua via pesan WhatsApp untuk kelarifikasi mengenai anggaran desanya, dengan buat janji temu.

Begini kata Kades tersebut, “Semua laporan pertanggung jawaban agar di klarifikasi ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Luwu di Belopa”, jawabnya.

Sambung Kades, terkait uraian tentang anggaran media dapatkan dari Kementerian Desa di anggap tidak seperti itu Anggaran mereka dapatkan dan gunakan, ungkap ibu Desa yang biasa di sapa Ummi.

Sementara itu, dilain sisi,Kamaruddin, S. Sos menyampaikan, sebanyak 207 desa di wilayah Kabupaten Luwu, yang menjadi tanggung jawabnya.

Jumlah itu bukan sedikit, namun jika dapat diberdayakan dengan baik, akan menjadi kekuatan pembangunan bagi pemerintahan Kabupaten Luwu,

Kasmaruddin, S. Sos, juga adik kandung Bupati Luwu, Dr. H. Basmin Mattayang tersebut mengemukakan peran strategis desa dalam membangun kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Tugas mengawal pembangunan desa di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan mampu bersinergi dengan Pemda Kabupaten Luwu dalam mendorong keterbukaan informasi sehingga nantinya masyarakat bisa ikut berpartisipasi membangun bersama Kepala Desanya.

Menariknya, Ma’ruf, Kepala Dinas PMD menyarankan agar dilakukan semacam seminar untuk membahas keterbukaan informasi secara luas. Lanjutnya

“Nantinya hal itu perlu ditindaklanjuti karena merupakan gagasan yang cemerlang dari pak Kadis sebagai wujud komitmen beliau untuk mendorong adanya keterbukaan informasi Publik di desa,” paparnya.

Namun unik terjadi, konfirmasi awak media terkesan adanya indikasi upaya penepisan atau pengalihan oleh Kades Padang Kalua Kecamatan Bua dan disinyalir diarahkan ke DPMD Kabupaten Luwu, ada apa ya?

Apakah si Ibu Kades Padang Kalua, Bua diduga enggan transparan kepada publik?*

Wartawan : Sarifuddin

By Man

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *