Bangkalan – mediainfopol.com-Dusun Banyualet Desa Tanah Merah Laok Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Bangkalan pada tahun 2023 ini tidak lagi termasuk ke dalam daftar wilayah yang mengalami kekeringan. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Bangkalan, Geger Heri Susianto, SP, M.Mp pada Kamis (07/09/2023).

Menurutnya, Dusun Banyualet, Desa Tanah Merah Laok tidak lagi masuk di dalam daftar wilayah yang mengalami kekeringan pada tahun 2023 ini. “Data yang ada di kita, untuk wilayah Desa Tanah Merah Laok sudah tidak ada. Tahun kemarin masih termasuk dalam daftar yang kekeringan, mungkin tahun ini tidak lagi masuk dalam daftar tersebut dikarenakan sudah teratasi kalau tidak lagi masuk dalam data. Berkat Program TNI AD yang melaksanakan pengeboran air di Desa tersebut.” Tutur Kalaksa.

Dandim 0829/Bangkalan, Letkol Kav Taufik Dwinova, SE saat meninjau kestabilan debit air Program TNI Manunggal Air Di Dusun Banyualet, Desa Tanah Merah Laok.
Seperti diketahui, Program TNI Manunggal Air, dengan kegiatan pembangunan sumur bor bantuan Kasad untuk masyarakat yang membutuhkan, diawali pada Selasa (29/08/2023) Kodim 0829/Bangkalan memulai pelaksanaan Pembangunaan sumur bor dengan kedalaman 95 M, di Dusun Banyualet Desa Tanah Merah Laok Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Bangkalan.

Pembangunan sumur bor yang semula direncanakan kedalaman 95 M, pada Senin (04/09/2023) saat perkembangan kemajuan pengeboran mencapai kedalaman 44 Meter dihentikan. Hal tersebut dikarenakan sudah mendapatkan sumber air di kedalaman tersebut dan percobaan pengangkatan dengan menggunakan alat Submersible (pompa air) mendapatkan hasil air yang konstan, stabil dan jernih.

Doa bersama (Syukuran) sebelum melaksanakan pengeboran
Komandan Kodim 0829/Bangkalan, Letkol Kav Taufik Dwinova, SE menyampaikan, “Kerja TIM akan terus dilanjutkan dengan penyambungan Instalasi saluran Air dan Tandonisasi agar Air dapat di rasakan manfaatnya oleh banyak warga secara Optimal.” Tuturnya pada Kamis (07/09/2023).

Pembangunan tandon air dan Instalasi penyambungan saluran Air (pipanisasi) dilaksanakan dengan penyiapan material untuk Pondasi Cor dan Cor Tower Tandon serta penyiapan pembersihan tempat pembangunan Tandon yang dilaksanakan oleh 20 Orang masyarakat sekitar dan beberapa personel TNI AD.
(Pendim_0829).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *