Malang //mediainfopol.com
Personil Koramil 0818 /33 Bumiaji di pimpin langsung Danramil Kapten Inf Budi melaksanakan patroli untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di daerah petak Lembah Kijang Desa Sumberbrantas Kec. Bumiaji Kota Batu, Sabtu ( 02/09/23).

“Babinsa juga kita libatkan bersama pihak Perhutani dan Polsek melakukan patroli mengantisipasi Karhutla yang memasuki musim kemarau panjang ,” kata Danramil
Selain melakukan patroli, Babinsa bersama Bhabinkamtibmas juga rutin memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat di sekitar wilayah Perhutani dampak musim kemarau dan antisipasi bahaya Karhutla.

Hal tersebut juga sesuai perintah pimpinan Dandim 0818 Letkol Inf Arief Nurbianto, agar masing-masing Koramil dapat lebih peka terhadap situasi di lapangan dengan mendirikan Posko bagi wilayah yang berpotensi adanya Karhutla.

“Karhutla bisa terjadi tidak hanya saat musim berladang, tetapi ada beberapa penyebab lainnya seperti membakar sampah di lahan dengan banyak pohon dan daun kering atau juga bisa melalui puntung rokok, apalagi saat ini musim kemarau,” jelasnya.

Dia mengatakan hingga saat ini belum terpantau terjadi Karhutla karena faktor angin yang bisa saja menjadi faktor menjalarnya api dari titik kebakaran di lereng Arjuno namun patroli dan sosialisasi itu sebagai upaya antisipasi terus di lakukan dengan memberikan peringatan kepada warga sekitar agar waspada dan sementara waktu tidak melakukan aktifitas di wilayah petak Lembah Kijang.(eddymip//dim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *